Kontingen UNSIQ Ikuti MTQ Mahasiswa Ke XXV Tingkat Jateng

IMG_7908Pada tanggal 1 – 3 Mei 2015 kemarin Kontingen dari UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo telah mengikuti kegiatan MTQ Mahasiswa Ke XXV Tingkat Jawa Tengah tahun 2015 di Asrama Transit Haji Manyaran Semarang. dari kontingen UNSIQ yang mengikuti kegiatan lomba tersebut:

No NAMA Asal Perguruan Tinggi Keterangan
1 Nafi Qohar Unsiq FITK-PBA-SMT VI Peserta Tilawah Putra
2 Robi`ah Adawiyah Unsiq FKSP-KPI-SMT II Peserta Tilawah putri
3 Nafi`uddin Tsalis Unsiq FKSP-KPI-SMT IV Peserta 1 juz dan Tilawah Putra
4 Umi Fathiyatussa`adah Unsiq FASTIKOM-TI-SMT VI Peserta 1 juz dan Tilawah Putri
5 Ahmad Suyuti Unsiq FITK-PBA-SMT VI Peserta M2IQ Putra
6 Dawim Istivadah Unsiq FITK-PBA-SMT VI Peserta M2IQ Putri

Alhamdulillah memperoleh hasil sebagai Berikut:

  1. Nafiuddin Tsalis MHS FKSP-KPI : Juara Harapan Satu Cabang 1 Juz dan Tilawah Putra
  2. Nafi Qohar (MHS FITK-PBA): Juara Harapan 1 Tilawah Putra
  3. Umi Fathiyatussa`adah (MHS Fastikom-TI): Juara Harapan 2 Cabang 1 Juz dan Tilawah Putri
  4. Dawim Istivadah (MHS FITK-PBA): Juara Harapan 2 Cabang Makalah Ilmiah al-Qur`an

Mudah-mudahan Menambah Keberkahan untuk UNSIQ kita Tercinta

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tinggalkan Komentar

Mahasiswa UNSIQ antisipasi pasar bebas ASEAN

Pemberlakuan era pasar bebas ASEAN, atau yang lebih dikenal luas dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pada akhir 2015 mendatang layak menjadi perhatian semua pihak.

Tak hanya bagi dunia usaha yang kini telah berjalan dan harus siap untuk berkompetisi ketat demi mempertahankan diri, para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu pun sudah waktunya mengantisipasinya secara lebih dini. Demikian dikatakan dosen Unsiq, Ir Agus Subagyo MSi, di depan ratusan mahasiswa Universitas Sains Alquran (Unsiq) yang tengah mengikuti seminar ekonomi di Gedung Al A’la, Selasa (5/5).

Agus yang hadir sebagai narasumber bersama Direktur Bank Wonosobo, Tri Hidayat SE MM, menjelaskan, era MEA tidak bisa dihadapi tanpa persiapan. Agus yang juga menjadi dosen bidang kewirausahaan di Unsiq menyebut, bahwa bekal berupa keterampilan dan semangat berkompetisi menjadi syarat mutlak bagi siapapun yang berkeinginan untuk turut bersaing secara global.

Para mahasiswa yang notabene masih memiliki langkah panjang diyakini Agus akan mampu mempelajari bagaimana cara terbaik untuk tampil sebagai kompetitor tangguh, tak hanya di lingkup regional, namun juga sampai ke kawasan Internasional seperti ASEAN.

Tembus Persaingan

’’Tak menyerah dalam mengembangkan kemampuan dan terus belajar mengenai hal-hal baru agar kelak ketika selesai kuliah, mampu tampil sebagai usahawan unggul yang berwawasan global,’’urai Agus sembari menyemangati para peserta seminar.

Direktur Bank Wonosobo, Tri Hidayat, juga menilai mahasiswa Unsiq memiliki peluang besar untuk unjuk diri dan menembus persaingan Asean. Kuncinya, menurut Tri adalah bagaimana mereka mampu menangkap peluang yang ada di depan mata. ’’Saat ini daya beli masyarakat di Indonesia secara umum masih kalah dari negara lain di ASEAN,’’ ungkapnya.

Hal itu dikatakan Tri, bisa dilihat dari tingkat pertumbuhan ratarata tingkat konsumsi masyarakat, yang bila dibandingkan dengan Malaysia, Singapura atau Thailand, masih terhitung lebih rendah. Hal lain yang perlu dicermati para cendekiawan muda, menurut Tri adalah masih tingginya kredit untuk kebuthan konsumtif disbanding kredit produktif.

’’Masyarakat masih cenderung mengakses kredit perbankan untuk memenuhi keinginan mereka, dan hanya sedikit yang mengalokasikan kredit untuk menumbuhkan usaha,’’ kata Tri lebih lanjut. Karena itulah, dia berharap agar mahasiswa Unsiq kelak benar-benar siap dalam menangkap setiap peluang yang ada di sekitar mereka, demi menghadapi era pasar bebas MEA. Harapan kedua narasumber tersebut selaras dengan tujuan panitia penyelenggara.

Ketua panitia Seminar Ekonomi dan Ekspo dari Fakultas Ekonomi Unsiq, Alfia Izzatinnisa mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kedua even tersebut demi menggugah kesadaraan setiap mahasiswa. ’’Era MEA memang selayaknya kami sikapi dengan menambah bekal dan ilmu yang memadai agar kelak tak lagi canggung ketika masa kuliah telah selesai,’’tuturnya.

Selain dengan menggelar seminar ekonomi, pihaknya juga menyelenggarakan ekspo selama tiga hari. Dikatakan dengan adanya ekspo yang akan berlangsung selama tiga hari, mahasiswa bisa mengaktualisasikan kemampuan mereka, terutama bagi yang memiliki bakat bisnis, karena panitia menyediakan stand di halaman kampus.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tinggalkan Komentar

PENUTUPAN TURNAMEN SEPAK BOLA TINGKAT SMA UNSIQ CUP 2

DSC_3881Pada hari minggu (26/4) bertempat dilapangan sepak bola kelurahan Kalibeber Wakil Rektor III UNSIQ Wonosobo H. Asmaji Muhtar, Ph.d menutup secara resmi turnamen sepak bola anatar SMA/MA/SMK yang ikuti 23 kesebelasan dari kabupaten Wonosobo, Temanggung dan Banjarnegara dan berlangsung sejak tanggal 19 April 2015. Penutupan tersebut ditandai dengan pemberian hadiah kepada para pemenang turnamen sepak bola yang diselenggarakan secara rutin tersebut sebagai event tahunan. Turnamen sepak bola ini diselenggarakan oleh UKM. Komite Olah Raga Mahasiswa (KOMUSA) UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.

Pada Turnamen tahun 2015 kali ini Juara Pertama diraih oleh kesebelasan SMA Muhammadiyah 1 Temanggung yang telah berhasil mengalahkan kesebelasan SMK N 2 Wonosobo pada babak final dengan skor 1-0 sedangkan untuk juara ke-3 diraih oleh SMA N 1 Sapuran. Uang pembinaan yang disediakan oleh panitia total sebesar Rp. 6.000.000,- untuk Juara 1 sebesar Rp. 3.000.000, juara 2 Ro. 2.000.000,- dan Juara 3 mendapat uang pembinaan Ro. 1.000.000.

“Turnamen ini merupakan sebagai ajang peningkatan prestasi bagi siswa-siswa sekolah menengah dalam sepak bola, mengingat di kabupaten Wonosobo pada tahun 2015 ini untuk cabang sepak bola tidak dipertandingkan. Antusiasme peserta tampak dari para peserta meskipun jumlah peserta tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu berjumlah 24 tim kesebelasan. Hal itu disebabkan karena waktu publikasi yang sangat singkat hanya 1 minggu, tetapi alhamdulillah dapat berjalan lancar, tidak ada permasalahan dan keamanan semua terjamin” kata Sabar Fadhil ketua panitia.

“Kami berterima kasih kepada para perangkat pertandingan dari PSIW yang telah membantu mensukseskan agenda tahunan ini, semoga sepak bola antar SMA ini yang menjadi agenda rutin UKM. Komusa UNSIQ Wonosobo dapat dikerjasamakan dengan Pengurus Cabang PSIW kabupaten maupun Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten mengingat event ini merupakan langkah yang cukup efektif untuk memberikan kesempatan kepada generasi-generasi muda persepakbolaan di kabupaten Wonosobo” sela Nida’ Muhammad ketua UKM Komusa yang merupakan salah satu keturunan K. Nida’ Muhammad atau lebih dikenal dengan K. Muntaha pejuang kemerdekaan yang mendirikan padepokan menjadi PPTQ Al Asy’ariyyah.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III UNSIQ berpesan kepada seluruh pemain yang telah mengikuti kegiatan ini untuk terus meningkatkan prestasinya sehingga muncul bibit-bibit baru dikancah persepakbolaan nasional dari wilayah Wonosobo, Banjarnegara dan Temanggung. Beliau menyampaikan sedikit tentang harapan persepakbolaan nasional yang sedang bermasalah ini dengan adanya pembekuan PSSI oleh Menpora segera dapat terselesaikan sehingga sepak bola nasional lebih maju karena sepak bola merupakan olah raga yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Pada akhir seremonial acara penutupan dan penyerahan hadiah yang dihadiri dari Sekretaris Lurah Kalibeber, Polsek Mojotengah, PSIW dan tamu undangan lainnya diserahkan piala, piagam dan uang pembinaan untuk memotivasi tim kesebelasan agar lebih berprestasi. Selamat kepada pemenang semoga, prestasi semakin meningkat.

DSC_3869  DSC_3874DSC_3864

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tinggalkan Komentar

Seminar Nasioal Kependudukan di UNSIQ Wonosobo

UNSIQ selenggarakan Seminar Nasional tentang Kependudukan

SONY DSCSeminar Nasional tentang kependudukan diselenggarakan oleh Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo bekerjasama dengan BKKBN RI, Kabupaten Wonosobo dan FAPSEDU Kabupaten Wonosobo pada hari Rabu, 22 April 2015 bertempat di Aula Al A’la Kampus UNSIQ.

Sebagai Narasumber pada seminar nasional tersebut adalah DR. Wendy Hartanto (Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN RI). Dalam paparanya disampaikan bahwa perkembangan jumlah penduduk yang semakin pesat perlu dikendalikan sejak dini, sehingga BKKBN RI mencanangkan Gerakan Berencana (Genre) Menuju Pembangunan Manusia Indonesia yang Berkualitas. Pertambahan jumlah penduduk Indonesia yang menempati peringkat 4 dunia memiliki efek pada kualitas penduduk yaitu bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Perkembangan dari tahun 1990-2000 jumlah penduduk Indonesia meningkat 5 kali lipat. Pada bidang kesehatan akan sangat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat, angka harapan hidup, kematian bayi dan anak, kematian ibu dan kurangya konsumsi sayur maupun buah. Bidang pendidikan akan terjadi ketimpangan jumlah pengangguran yang terdidik, sarana prasarana pendidikan, angka melanjutkan pendidikan sampai dengan produktivitas SDM Indonesia. Bidang kemiskinan memunculkan pertambahan penduduk miskin dan rentas miskin, rumah tidak layak huni dan lain sebagainya, Pada sesi ini DR. Wendy lebih banyak memaparkan data-data angka sebagai gambaran perkembangan kependudukan baik skala naional maupun tingkat kabupaten Wonosobo. Pada akhir paparan disampaikan strategi pengendalian penduduk melalui pelibatan Remada dan Program Genre sebagai upaya mengantisipasi bonus demografi dan isu-isu sentral lainnya (kesehatan reproduksi remaja, HIV/AIDS, NAPZA, Pornografi, perkawinan remaja)

Narasumber yang kedua Drs. H. Z. Sukawi, MA. (Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Wonosobo) yang sekaligus Wakil Rektor I UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo memaparkan tema Generasi Berencana menuju Pembangunan Manusia Indonesia Berkualitas yang Islami. Pada sesi ini lebih banyak menguatkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka mewujudkan Manusia Indonesia yang berkualitas dalam kajian ke Islaman.

SONY DSCSONY DSCSeminar tersebut dimoderatori oleh Drs.H. M. Abdul Kholiq, M.Ag (Ketua FAPSEDU Kabupaten Wonosobo) dan pada akhir acara diberikan kenang-kenangan oleh Hermawan, ST., MT (Ketua LP3M-PB) kepada para narasumber.

 

 

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tinggalkan Komentar

UNSIQ bekerjasama dengan BKKBN Propinsi Jawa Tengah

Rektor UNSIQ menandatangani MoU dengan BKKBN Propinsi Jawa Tengah

SONY DSCPenandatanganan Naskah MoU Universitas Sains Al Qur’an dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Propinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada hari Rabu 22 April 2015 bertempat di Aula al A’la Kampus UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo.

SONY DSCPenandatanganan naskah kerjasama tersebut menjadi pengikat UNSIQ dan BKKBN dalam rangka peningkatan peran serta dalam bidang kependudukan dan keluarga berencana. Pada kesempatan tersebut penandatanganan dilakukan oleh Drs. KH. Muchotob Hamzah, MM. (Rektor UNSIQ) dan Dra. Tjondrorini, M.Kes sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Tengah.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Tinggalkan Komentar