AGENDA 2014

1

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

2

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

3

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

4

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

5

Jurna Fakultas Ekono

selengkapnya

SPACE FOR ADVERTISING

FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
(FASTIKOM)


Sejarah Singkat

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FASTIKOM) merupakan perubahan nama dari Fakultas Teknik semenjak tahun 2007. Dasar dari perubahan adalah adanya program studi Ilmu Komputer yang bernaung di bawah Fakultas yaitu Teknik Informatika dan Manajemen Informatika. Dengan adanya perubahan nama diharapkan Fakultas dapat menambah program studi yang berhubungan dengan ilmu kompuer, di samping itu gelar lulusan program studi ilmu komputer menggunakan gelar Sarjana Komputer.

Fakultas Teknik sendiri merupakan penggabungan dari tiga fakultas yaitu Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dan Fakultas Teknik Industri pada tahun 2005. Alasan penggabungan adalah untuk efisiensi dan efektivitas kerja. Dasar pendirian ketiga Fakultas tersebut yaitu SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pendidikan Nasional RI Nomor: 87/D/0/2001 yang terbit pada bulan Juni 2010. Hingga saat ini perkembangan Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ cukup signifikan dengan bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya dan semakin lengkap sarana dan prasarana penunjang perkuliahan dalam rangka membawa Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FASTIKOM) UNSIQ mampu berkompetisi dengan Perguruan Tinggi Lain yang ada di Jawa Tengah maupun di Indonesia.


Program Studi dan Status Akademik

Program Studi dan Status Akademik Fastikom

No

Program Studi

Status/Peringkat

Nomor/
Tanggal SK

1

Teknik Informatika (S1)

Terakreditasi B

019/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2006

2

Teknik Sipil  (S1)

Terakreditasi C

016/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008, 3 Agustus 2008

3

Teknik Arsitektur (S1)

Terakreditasi C

016/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008, 3 Agustus 2008

4

Manajemen Informatika (D3)

Operasional

2354/D/T/K-VI/2010, 1 Juni 2010

5

Teknik Mesin (D3)

Operasional

2353/D/T/K-IV/2010, 1 Juni 2010

6

Teknik Elektro (D3)

Operasional

4721/D/T/2008, 31 Desember 2008


Unit Pelaksana Teknis dan Penunjang

  1. Pusat Studi
    1. Pusat Studi Pengembangan Teknologi Informasi (PSPTI)
  2. Pusat Studi Pengembangan Teknologi Informasi adalah pusat studi yang menekankan kajian pada persoalan-persoalan yang berhubungan dengan teknologi informasi di segala bidang sehingga seringkali dosen-dosen yang melakukan kajian tidak hanya dosen yang berbasis ilmu komputer saja akan tetapi merupakan multi disiplin ilmu.

    1. Pusat Studi Pengembangan Pedesaan dan Perkotaan (PSPPP)

    Pusat Studi ini merupakan pusat studi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Pusat Studi ini melakukan kajian, penelitian maupun pengembangan produk berdasarkan dari masukan-masukan  atau kebutuhan masyarakat sehingga produk yang dihasilkan riil merupakan kebutuhan dari masyarakat.

    1. Pusat Studi Jasa Konstruksi (PSJK)

    Pusat Studi Jasa Konstruksi merupakan pusat studi yang khusus melakukan kajian-kajian mengenai jasa konstruksi.

  3. Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas merupakan pendukung dari perpustakaan Pusat Universitas. Saat ini telah memiliki koleksi buku lebih dari 1500 buku dari 6 program studi yang dikembangkan di FASTIKOM UNSIQ. Koleksinya berupa jurnal, majalah ilmiah, CD-Rom dah hasil-hasil penelitian baik mahasiswa maupun dosen.

  1. Laboratorium

Laboratorium merupakan unsur penunjang proses pendidikan. Namun demikian, laboratorium yang dimiliki FASTIKOM UNSIQ juga digunakan sebagai pusat riset keilmuan di luar proses pendidikan. Laboratorium yang ada diantaranya : Laboratarium Komputer, Laboratorium Motor Diesel, Laboratorium Motor Bakar, Laboratorium Microcontroller, Laboratorium Kelistrikan, Laboratorium Ukur Tanah, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Bahan, Laboratorium Kerja Bangku, Laboratorium Gambar, Laboratorium Kaligrafi.

  1. Jurnal Ilmiah
    1. Jurnal Ilmiah DEVICE adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas yang diterbitkan berkala sebagai wahana dokumentasi dan publikasi ilmiah produk disiplin ilmu yang dikembangkan FASTIKOM UNSIQ
    2. Jurnal Ilmiah TERAS adalah jurnal ilmiah yang dikhususkan untuk program studi Teknik Sipil yang diterbitkan sebagai publikasi ilmiah ilmu-ilmu Teknik Sipil
    3. Jurnal Ilmiah TEKNIK ARSITEKTUR adalah jurnal ilmiah yang berfungsi sebagai publikasi ilmiah ilmu-ilmu Teknik Arsitektur.

Nama Dekan

Riwayat Kepemimpinan Fastikom

No

Nama Dekan

Nama Fakultas

Tahun

1

Drs. Agus Suryatin, M.Si

Fakultas Teknik Industri

2001– 2005

2

Drs. Muntohar, MM

Fakultas Teknik informatika

2001– 2005

3

Ir. Abriyani S, MT

Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan

2001– 2005

4

Ir. Suharto, M.Eng

Fakultas Teknik & Ilmu Komputer

2005– 2009

5

Hermawan, ST, MM, MT

Fakultas Teknik & Ilmu Komputer

2009– 2013

 

Prospek Lulusan

Lulusan FTIK diarahkan menjadi tenaga ahli konstruksi (gedung, jalan, jembatan, bendungan, interior, lansekap, taman, dll.) pada instansi-instansi yang menggunakan tenaga ahli bangunan seperti konsultan dan Kontraktor (CV, PT.), Bank (sebagai auditor agunan gedung), serta instansi pemerintah (PU, Bappeda).

 

Kurikulum.

Fakultas Teknik mempunyai dua program studi, yaitu Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur dengan beban 144 sks (8 semester). Kurikulum telah disetting dengan kebutuhan pasar dan pada setiap mata kuliah keahlian mempunyai arah dan aplikasi dilapangan. Dalam proses pembelajaran juga mengajak mahasiswa langsung ke lapangan atau ke proyek-proyek, sehingga mahasiswa dapat memadukan antara teori dan praktek di lapangan.

Link menuju website FTIK