Berita

Program PKM Mahasiswa, Pengoptimalan penggunaan gas rawa di Desa Pegundungan

Beberapa Mahasiswa lintas disiplin ilmu dari Universitas Sains Alquran melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) di Desa Pegundungan Kabupaten Banjarnegara. PKM-PM dengan sebutan Sembagi Arutala ini diketuai oleh Ilham Ariawan Al Ashar dan beranggotakan Ahmad Irfai, Maulina Damayanti, Aslamiyah, dan Azka Azzahra. 

Ketua TIM PKM-PM Sembagi Arutala menyampaikan bahwa kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat di Desa Pegundungan Kabupaten Banjarnegara ini merupakan bentuk kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Mahasiswa dengan keilmuan yang dimiliki melakukan transfer teknologi dan pengetahuan  guna peningkatan kesejahteraan Masyarakat, “ujar Ilham selaku Ketua Tim.

Menurut Irfai, dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini mahasiswa dapat membantu mengatasi kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh masyarakat di desa pegundungan yaitu berupa masih rendahnya kualitas gas rawa sehingga belum maksimal dalam pemanfaatannya.  

Program PKM-PM ini didanai oleh Kemendikbudristek dan dana pedampingan dari UNSIQ terkait Penerapan Alat Purifikasi Gas Rawa. “Beberapa bentuk kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya Sosialisasi dan pengenalan gas rawa, pembuatan dan perawatan alat purifikasi, dan pelatihan-pelatihan lain terkait pemanfaatan gas rawa kedepannya,”terang Irfai. 

Lebih lanjut Aslamiyah menjelaskan, bahwa alat teknologi tepat guna tersebut dibuat di Laboratorium Teknik Mesin Fastikom UNSIQ. Dimana penyaring billet untuk mengurangi kandungan H2S terbuat dari limbah bubut besi yang dipress dan dipanaskan pada suhu 400 ⁰C. Antusias Warga Desa Pegundungan Kabupaten Banjarnegara sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini, terutama ibu-ibu PKK.  

Kepala Desa Pegundungan Kabupaten Banjarnegara, menyatakan kegiatan PKM ini sangat bermanfaat dan mereka berharap nantinya dengan alat yang dihibahkan akan membantu pengelolaan gas rawa di pegundungan kabupaten banjarnegara dan berdampak terhadap kesejahteraan perekonomian masyarakat.